Tel: (0361) 723969    Email: sekr-btikk@bppt.go.id

banten

Pada tanggal 28-31 Juli 2011 Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Seni dan Teknologi Keramik dan Porselin Bali melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kualitas Disain Kerajinan Gerabah Desa Bumi Jaya yang berlokasi di Desa Bumi Jaya, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Propinsi Banten. Pelatihan ini dilaksanakan sebagai perwujudan Program Pelaksanaan Pembinaan Industri Kecil Keramik tahun 2010 dan tindak lanjut atas penyampaian Proposal dari Banten Center.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan variasi disain gerabah Bumi Jaya yang biasanya membuat barang-barang besar seperti gentong dengan diameter 1-2 meter dan berfungsi sebagai keramik taman dengan memperkayanya dengan disain-disain yang diletakkan di dalam ruangan seperti : kap lampu, asbak, guci dan barang cinderamata.

Pelatihan ini diikuti oleh 32 perajin (yang terbagi dalam empat kelompok) gerabah Desa Bumi Jaya selama 4 hari. Pembukaan acara ini dilakukan oleh Sekretaris Desa Bumi Jaya yang mewakili Kepala Desa Bumi Jaya H Jauhari yang berhalangan hadir.

Selama mengikuti pelatihan perajin mendapatkan materi tentang pengembangan disain yang meliuti 14 disain yang telah disusun oleh tim Pembinaan UPT-PSTKP Bali. Disain-disain yang diberikan dilengkapi dengan teknik dekorasi : lubang, tempel dan toreh. Pada hari terakhir pelatihan peserta mendapatkan materi dekorasi lukis. Hal lain yang didapatkan oleh peserta adalah disain-disain yang memiliki corak khas Banten antara lain : disain barang cindera mata berupa badak cula satu, disain barang cinderamata badak kartun (badak memakai pakaian orang suku Baduy), disain-disain lubang, tempel dan toreh yang menerapkan ornamen-ornamen khas Banten seperti : Waringin Kurung, Mandalikan, Pamaranggen, Pejantren, Meriam Ki Amuk dan lain sebagainya.

Ornamen-ornamen tersebut diperoleh setelah 6 bulan sebelumnya Tim UPT-PSTKP Bali melakukan survey ke berbagai tempat di sekitar Propinsi Banten guna meneliti ornamen-ornamen Banten. Di antara tempat yang diteliti : Rumah Bangunan Kuno Serang, Masjid Kesultanan Banten, Museum Kesultanan Banten, Industri Kerajinan Batik Banten. Hasil survey tersebut diperoleh ornamen-ornamen yang kemudian dikembangkan kepada disain-disain baru gerabah Desa Bumi Jaya.

Statistik Pengunjung

4.png0.png2.png8.png4.png
Today45
Yesterday73
This week189
This month708
Total40284

Hubungi Kami

Jl. By Pass Ngurah Rai, Suwung Kauh, Tanah Kilap
Denpasar Selatan - Bali Indonesia

Tel: (0361)-723969

Fax: (0361)-723867

Web: btikk.bppt.go.id