Tel: (0361) 723969    Email: sekr-btikk@bppt.go.id

 

KEGIATAN PELAYANAN JASA DIKLAT DI BALAI TEKNOLOGI INDUSTRI KREATIF KERAMIK BTIKK 2019

Sehubungan dengan program ekstrakurikuler sekolah TK dan SD, maka pada tangga 13-02-2019 TK Insan Mulia, 13-03-2019 MI Tawakal, 21-03-2019 Sunrise School dan TK Duta Kusuma mengikuti  diklat cetak tempel dari bahan dasar keramik (tanah liat) di Kantor Balai Teknologi Industri Kreatif Keramik (BTIKK) yang beralamat di jl.By Pass Suwung Kauh Denpasar   

Seperti telah diketahui banyak nilai positif yang bisa diambil dari kegiatan-kegiatan semacam ini, diantaranya adalah menghindari kejenuhan. Selama lima hari mereka belajar dikelas, bertemu dengan orang yang sama, lingkungan yang sama dan mungkin menerima pelajaran yang hampir sama setiap hari akan mengakibatkan kejenuhan yang pada akhirnya akan membuat anak-anak malas pergi kesekolah. Keuntungan lain yang bisa didapat dari outing class adalah menanamkan jiwa kebersamaan diantara siswa karena outing class ini diikuti oleh seluruh siswa. Dengan dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil mereka dilatih untuk bekerja sama satu dengan yang lainnya, misalnya dengan membuat keterampilan baru bersama teman, berkelompok mewujudkan hasil prakarya dan lain sebagainya. Selain itu outing class juga dapat meningkatkan rasa sosial siswa, karena siswa diajak mengunjungi berbagai tempat yang berbeda sehingga akan memberi pengalaman kepada siswa untuk bersosialisasi dengan dunia luar terutama lingkungan luar sekolah

Adapula yang melakukan kunjungan/study tour untuk menambah wawasan pengetahuan mengenai teknologi material khususnya dalam proses pembuatan produk keramik diantaranya pada tanggal 27-02-2019 kunjungan mahasiswa Arkeolog universitas Udayana dan tanggal 28-03-2019 Kunjungan Universitas Semarang

 

 

 

 

BTIKK BERPERAN SERTA DALAM

PAMERAN PEMBANGUNAN PROVINSI BALI 2017

Pameran Pembangunan Provinsi Bali Tahun 2017 dilaksanakan sebagai rangkaian peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 dan Hari Jadi Provinsi Bali ke-59. Pameran pembangunan yang diadakan setiap tahun merupakan upaya dan bentuk pertanggungjawaban pemerintah dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan. Pameran Pembangunan merupakan media untuk menyampaikan dan menyebarluaskan informasi kepada masyarakat sekaligus dimaksudkan untuk memberikan pendidikan dan hiburan. Disamping itu pameran juga dimaksudkan sebagai ajang evaluasi pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan baik yang sudah, maupun yang akan dilaksanakan. Dalam Pameran Pembangunan ini masyarakat dapat memberikan kritik serta saran secara terbuka terhadap lembaga-lembaga yang mengikuti pameran sehingga melalui media ini masyarakat dapat berperan aktif dalam pelaksanaan program-program pemerintah.Kegiatan Pameran Pembangunan 2017 seperti tahun tahun sebelumnya dilaksanakan selama 10 (sepuluh) hari yaitu mulai tanggal 14 sampai dengan 23 Agustus 2017berlokasi di taman Budaya Art Centre Denpasar. Tema yang diangkat dalam Pameran Pembangunan 2017 ini adalah “Melalui Pameran Pembangunan Provinsi Bali 2017, Kita Tuntaskan Bali Mandara II”.
Balai Teknologi Industri Kreatif Keramik (BTIKK) adalah salah satu Balai di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), yang berada di bawah koordinasi Kementerian Riset, Teknologi dan Dikti. BTIKK berlokasi di pulau Bali tepatnya di Jalan By Pass Ngurah Rai Suwung Kauh Denpasar. BTIKK didirikan dalam rangka pelestarian seni budaya dan peningkatan mutu kualitas keramik. BTIKK memfokuskan kegiatan pada Penelitain dan pengembangan desain keramik dan porselin, termasuk didalamnya penelitian bahan baku, teknik pembuatan dan teknik pengglasiran. Selain itu, BTIKK secara aktif memberikan pelatihan-pelatihan serta memberikan pembinaan terhadap para pengerajin keramik yang ada di Bali maupun di luar Bali
Berada dalam cakupan wilayah Provinsi Bali mewajibkan BTIKK untuk ikut berpartisipasi dalam Pameran Pembangunan yang diadakan setiap tahun. Dalam Pameran Pembangunan 2017BTIKK menampilkan inovasi dan hasil penelitian yang telah dikerjakan. Inovasi dan hasil penelitian yang dipamerkan terutama dalam bidang pengolahan bahan baku dan desain keramik. Dalam pameran ini juga BTIKK mengadakan lomba kreativitas keramik yang diikuti oleh pelajar SD SMP dan SMA. Melalui kegiatan Pameran Pembangunan 2017 ini BTIKK sebagai bagian dari BPPT turut serta dalam penguatan image BPPT yaitu Teknologi untuk Kejayaan Bangsa.

 

 

 

Lokakarya Pembuatan Instalasi Keramik Terumbu Karang untuk Pusat Konsevasi Kelautan CTC

 

lokakarya

 

 

Pada hari senin 12 Juni 2017 dilakukan kerjasama BPPT-BTIKK dan Coral Triangle Center (CTC): Instalasi Keramik Terumbu Karang untuk Pusat Konservasi Kelautan CTC

Coral Triangle Center (CTC) atau Yayasan Pusat Segitiga Karang adalah organisasi nirlaba independen yang berbasis di Bali, Indonesia, yang berfokus pada perlindungan ekosistem kelautan di perairan Segitiga Karang dunia, suatu kawasan yang memiliki keanekaragaman hayati laut tertinggi di dunia. CTC melakukan pendidikan, pelatihan, dan memastikan bahwa tempat wisata laut kawasan konservasi perairan / taman Laut di pusat keanekaragaman laut di dunia dikelola dengan efektif.

Untuk memperluas jangkauannya, CTC tengah mendirikan sebuah Pusat Konservasi Kelautan yang baru di Sanur, Bali, di mana salah satu bagiannya adalah Instalasi Keramik Terumbu Karang (the Coral Wall) yang menampilkan keindahaan terumbu karang di kawasan Segitiga Karang, yang meliputi Indonesia, Malaysia, Filipina, Timor Leste, Papua Nugini dan Kepulauan Solomon. Instalasi keramik ini diharapkan dapat menggugah kesadaran kita bersama untuk menjaga dan melestarikan terumbu karang khususnya dan laut kita pada umumnya.

Dalam mewujudkan upaya ini, CTC bekerja sama dengan BPPT-BTIKK (Balai Teknologi Industri Kreatif Keramik) selaku lembaga pemerintah yang mendukung pengembangan industri keramik skala kecil dan menengah.

Courtney Mattison, seorang seniman keramik dengan spesialis terumbu karang asal Amerika Serikat menjadi desainer utama proyek ini. Selain seniman, Courtney juga memiliki latar belakang ilmu biologi kelautan. Proyek ini juga didukung oleh para mitra: Jenggala Keramik, seniman-seniman keramik di Bali, dan para relawan komunitas.

Media keramik dipilih karena memiliki karakter yang mirip dengan terumbu karang, yaitu selain dapat menampilkan keindahaan dalam beraneka bentuk dan warna, keramik juga sangat mudah untuk rusak dan pecah. Demikian pula terumbu karang kita, apabila sudah rusak, maka sangat susah dan memakan waktu yang lama untuk merehabilitasinya.

Diharapkan proyek instalasi keramik terumbu karang yang berbasis komunitas ini dapat terwujud pada akhir tahun 2017.

 

 

 

Kunjungan Sekolah Insan Mulia dan Cendekia Harapan Denpasar ke BTIKK

dalam Rangka Diklat Pengenalan Keramik

diklat sd

Pada hari Senin 24 dan 26 Oktober 2016 Sekolah Cendekia Harapan Denpasar melakukan kunjungan edukasi ke Balai Teknologi Industri Kreatif Keramik. kunjungan kali ini yang berjumlah 100 siswa-siswi Taman Kanak-kanak dan SD, serta 10 guru pendamping, serta sebelumnya hari Kamis 6 Oktober menerima kunjungan edukasi pula dari Sekolah Insan Mulia meliputi siswa siswi TK berjumlah 85 siswa, Mereka diajak mencoba proses mendekorasi keramik untuk meningkatkan daya kreativitas anak. Kunjungan ini selain untuk mengenalkan seni dekorasi keramikjuga bertujuan agar siswa-siswi lebih gemar berkretivitas dilingkungannya. Setelah berkunjung ke Balai Teknologi Industri Kreatif Keramik diharapkan para siswa dan siswa lebih gemar lagi berkarya agar mendapat pengetahuan baru dan luas.

 

 

Bimtek Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di BTIKK

bimtekSPIP

 

Terwujudnya praktik birokrasi yang bersih (clean government) merupakan salah satu tujuan yang menjadi target implementasi Program Reformasi Birokrasi di BPPT. Upaya secara sistematik perlu dilakukan oleh BPPT guna mendukung pencapaian target tersebut, dimana salah satunya adalah penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang embedded dalam praktik birokrasi di BPPT. Pengendalian terhadap keseluruhan kegiatan berdasarkan pendekatan sistem memerlukan peran aktif dari seluruh bagian organisasi. Hal ini dapat diwujudkan bilamana seluruh bagian organisasi memahami SPIP dan mempraktikkan dalam praktik birokrasi.

Oleh Karena itu Inspektorat BPPT bersama team BPKP melaksanakan bimtek SPIP di BTIKK diadakan pada hari Senin 10 - jumat 14 Oktober 2016, bimtek SPIP selama 5 hari menekankan pada manajemen resiko yang akan terjadi dalam melakukan pelayanan sesuai dengan proses bisnis BTIKK

 

 

BERPERAN SERTA DALAM

PAMERAN PEMBANGUNAN PROVINSI BALI 2016

 

pmr2016

 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, BTIKK kembali menjadi salah satu peserta Pameran Pembangunan yang diadakan di Taman Budaya (Art Centre). Pameran Pembangunan diadakan selama 11 hari, mulai tanggal 13 Agustus sampai 23 Agustus 2016, BTIKK selain memamerka hasil-hasil kajian keramik baik disain, komposisi bahan serta teknik pembentukan juga mengadakan lomba kreatifitas keramik kategori SD dan SMP bertempat di kawasan pameran tersebut.

Pameran yang diselenggarakan setiap tahun ini merupakan salah satu wahana strategis dalam mensosialisasikan informasi, program dan hasil-hasil pembangunan kepada masyarakat. Pada tahun 2016 ini penyelenggaraannya dikaitkan dengan peringatan hari jadi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali ke-58 dan hari ulang tahun ke-71Kemerdekaan Indonesia, sehingga menjadi wahana yang tepat guna memantapkan semangat kebangsaan dan nasionalisme, meningkatkan rasa bangga pada daerah dan tanah air.

Pameran Pembangunan ini dibuka oleh Gubernur Bali, Made Mangku Pastika. Diharapkan kegiatan ini akan lebih informatif, edukatif dan rekreatif bagi masyarakat. Masyarakat yang menjadi subjek pembangunan, wajib diberikan informasi program dan capaian pembangunan daerah secara lengkap dan objektif, sekaligus dengan upaya memantapkan partisipasi dalam pembangunan. Demikian pula evaluasi program dan capaian pembangunan tersebut, juga dapat di bangun melalui kegiatan ini.

 

 

 

 

 

 

Perkenalkan Industri Kreatif

BTIKK Selenggarakan Gema Budaya Keramik

INOVASI kreatif harus dilakukan semua sektor industri untuk bisa bersaing dan produknya bisa tembus pasar international. Oleh karena itu berbagai upaya da terobosan dilakukan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Balai Teknologi Industri Kreatif Keramik (BTIKK) untuk mendorong dan mengembangkan industri keramikk kreatif yang ada di Bali. Untuk itu diselenggarakan Gema Budaya Keramik di kantor BTIKK di Jalan By pass Ngurah Rai Suwung Kauh Denpasar mulai jumat (27/5) hingga Minggu (29/5). Acara tersebut dibuka Sekretaris Utama BPPT Dr. Ir Soni Solistia Wirawan, M.Eng ditandai dengan pemotongan pita.

Kepala BTIKK Ir. Aris Darmansyah Edisaputra, M.Eng. mengatakan , Gema Budaya Keramik tersebut diisi berbagai kegiatan, yaitu pameran keramik, temu bisnis, seminar, workshop dan lomba keramik yang diikuti siswa TK hingga SMA/SMK. “ Kegiatan ini merupakan salah satu upaya BTIKK untuk memperkenalkan dan mengembangkan industri kreatif keramik di Bali dan nasional. Sebagai bentuk pertanggungjawaban kami ke publik terhadap hasil pengembangan-pengembangan yang selama ini dilakukan,” unjar bapak Aris.

Selain itu bapak Aris berharap adanya bantuandan kerjasama semua pihak untuk mendorong serta mengembangkan industri kreatif keramik. “Kami mengucapkan terimakasih kepada Kemenko PMK, Kemenko Perekonomian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bali serta pengusaha kreatif keramikatas dukungannya,”tegasnya.

Sekretaris Utama BPPT Soni Solistia Wirawan menyambut baik dan mengapresiasiBTIKK dan pengusaha keramik atas terselenggaranya kegiatan tersebut. “ Sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, kita harus bersama-sama mengembangkan industri kreatif ini,”unjarnya. Oleh karena itu, pengusaha keramik diharapkan terus memacu kemajuan dan inovasi. Di sinilah peran BTIKK mengawali ide inovasi tersebut . Untuk itu BTIKK bersama BPPT membantu UKM supaya mereka lebih maju. Sebarkan informasi dan kembangkan inovasi lain. “Mereka kembangkan yang sudah kita ajarkan. Kita masuk ke yang baru lagi. Saya mendorong acara seperti ini minimal dilakukan setahun sekali. Acara seperti ini pembuktian dari kerja teman-teman. Bukti hasil-hasil kerja kita dipresentasikan dan diterimaklien kita serta hasilnya berani dipamerkan. Mudah–mudahan acara ini bisa bermanfaat. Selamat kepada Bapak Aris (Kepala BTIKK), Selamat kepada UKM memamerkan hasil produknya,” tambah bapak Soni (sumber: Harian daerah Bali Post)

 

gema1

 

 

Kunjungan diklat Yayasan Bali Permata Hati ke BTIKK

Pada hari Jumat 13 dan 20 mei 2016 Balai Teknologi Industri Kreatif Keramik kembali menjadi tujuan kunjungan edukasi . kunjungan kali ini dari Yayasan Bali Permata Hati Denpasar yang berjumlah 20 siswa-siswi dan 8 guru pendamping. Siswa-siswi SD Yayasan Bali Permata Hati diajak mencoba proses mendekorasi keramik untuk meningkatkan daya kreativitas anak. Kunjungan ini selain untuk mengenalkan seni dekorasi keramik juga bertujuan agar siswa-siswi lebih gemar berkretivitas dilingkungannya. Setelah berkunjung ke Balai Teknologi Industri Kreatif Keramik diharapkan para siswa SD Yayasan Bali Permata Hati Denpasar lebih gemar lagi berkarya agar mendapat pengetahuan baru dan luas. Karena kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang

 

sd permata hati

 

Diklat Keramik Sekolah Bintang Mandiri jimbaran

 

diklat 2016

 

Sehubungan dengan program "Outing", sekolah PAUD dan TK Bintang Mandiri School Jimbaran melaksanakan kunjungan sekaligus diklat cetak tempel dari bahan dasar keramik (tanah liat) di Kantor Balai Teknologi Industri Kreatif Keramik (BTIKK) yang beralamat di jl.By Pass Suwung Kauh Denpasar pada tanggal 12 dan 15 April 2016 dengan jumlah siswa 113 anak beserta 16 guru

Seperti telah diketahui banyak nilai positif yang bisa diambil dari kegiatan-kegiatan semacam ini, diantaranya adalah menghindari kejenuhan. Selama lima hari mereka belajar dikelas, bertemu dengan orang yang sama, lingkungan yang sama dan mungkin menerima pelajaran yang hampir sama setiap hari akan mengakibatkan kejenuhan yang pada akhirnya akan membuat anak-anak malas pergi kesekolah. Keuntungan lain yang bisa didapat dari outing class adalah menanamkan jiwa kebersamaan diantara siswa karena outing class ini diikuti oleh seluruh siswa. Dengan dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil mereka dilatih untuk bekerja sama satu dengan yang lainnya, misalnya dengan membuat keterampilan baru bersama teman, berkelompok mewujudkan hasil prakarya dan lain sebagainya. Selain itu outing class juga dapat meningkatkan rasa sosial siswa, karena siswa diajak mengunjungi berbagai tempat yang berbeda sehingga akan memberi pengalaman kepada siswa untuk bersosialisasi dengan dunia luar terutama lingkungan luar sekolah

 

Pencanangan Penerapan Sistem Manajemen Mutu

ISO 9001:2015 di lingkungan

Balai Teknologi Industri Kreatif Keramik (BTIKK)

 

ManjMutu

 

Pada tanggal 3 Maret 2016, dilaksanakan Pencanangan Pelaksanaan Sistem Manajeman Mutu ISO 9001:2015 di kantor Balai Teknologi Industri Kreatif Keramik dan disaksikan oleh Deputi Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi (PKT) BPPT bapak Dr. Ir. Tatang Akhmad Taufik beserta rombongan, Pencanangan ISO 9001:2015 ini merupakan Sistem Manajemen Mutu dimana sasarannya adalah pada kemampuan suatu perusahaan atau penyedia jasa/produk dalam menjaga kualitas mutu dari produk maupun jasanya. Jika suatu perusahaan sudah memiliki sertifikasi ISO 9001, maka dapat dikatakan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan tersebut sudah tentu memiliki mutu yang terjamin

Manfaat dari ISO 9001 itu sendiri antara lain: Menjamin kepuasan pelanggan terhadap produk/jasanya, Meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan, Menanamkan rasa bangga bagi karyawan sehingga memotivasi mereka untuk bekerja lebih baik lagi, Mempermudah perusahaan untuk memperoleh bisnis dan mitra yang lebih baik dan lebih banyak, Sebagai materi untuk menganalisa kemampuan suatu perusahaan, Meningkatkan manajemen pengendalian resiko sehingga perusahaan lebih stabil, Sistem perusahaan jadi semakin rapi dan terarah

 

 

 

 

 

pmk

Rapat Koordinasi Pengembangan Sosial Budaya

Pada tanggal 22 Desember 2015, UPT PSTKP Bali dan Kementrian Koordinator Pengembangan Manusia dan Kebudayaan melaksanakan Rapat Koordinator Pengembangan Sosial Budaya di kantor UPT-PSTKP. Rapat ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat pengrajin keramik dalam mendukung peningkatan kualitas dengan pemanfaatan teknologi tepat guna. Berlokasi di kantor UPT PSTKP Bali, rapat ini juga dihadiri oleh beberapa kantor pemerintahan Provinsi Denpasar dan perwakilan perajin gerabah dan keramik provinsi Bali.

 

 

kunjSLB

Kunjungan Guru SLB Provinsi Bali

Pada tanggal 17 Desember 2015, UPT PSTKP Bali menerima kunjungan dari guru-guru perwakilan Sekolah Luar Biasa yang berada di Provinsi Bali. Dari kunjungan tersebut, diharapkan pendidikan kerajinan keramik dapat menjadi salah satu bekal yang diberikan SLB kepada siswanya. UPT PSTKP Bali menyanggupi untuk menjadi mentor dalam program tersebut.

 

 

 

Limbah Batu Alam Gunungkidul Disulap Menjadi Produk Kerajinan

baron technopark 2015

Pelatihan pembuatan kerajinan dari limbah batu alam digunungkidul. (Foto : Dedy EW)

 

GUNUNGKIDUL (KRjogja.com) -
Sebanyak 30 warga di kawasan Baron Technopark, Saptosari mendapatkan pelatihan pembuatan kerajinan souvenir dari limbah batu. Kegiatan selama dua hari ini dilaksanakan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Seni dan Teknologi Keramik dan Porselin (UPT PSTKP) Bali.

 

“Semula dilakukan uji laboratorum terkait dengan pemanfaatan limbah batu. Setelah dinyatakan aman, melalui teknologi BPPT dilakukan pengembangan membuat kerajinan. Kegiatan ini untuk meningkatkan nilai ekonomis limbah batu,” kata Kepala BPPT UPT SPTKP Bali Aris Darmansyah didampingi di sela-sela pelatihan, Kamis (19/11/2015).Dalam pelatihan ini, peserta mendapatkan keterampilan membuat cetakan, membuat produk kerajinan hingga melakukan finishing. Rencananya produk tersebut akan dipasarkan di kawasan Pantai Selatan Gunungkidul. Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Pertambangan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindagkoptam ESDM) Gunungkidul juga akan mendorong agar para perajin bisa memanfaatkan peluang tersebut.

 

“Sejumlah kecamatan memang memiliki sentra kerajinan batu, limbahnya akan mendatangkan penghasilan bila diolah menjadi souvenir,” kata Sekretaris DisperindagkoptamESDM Gunungkidul Anwarul Jamal MM di sela-sela pelatihan. (Ded).

Sumber; Kedaulatan Rakyat online

 

 


dikbaron

Diklat Pemanfaatan Limbah Batu Alam di Baron Technopark

Sebagai salah satu unit yang berada di bawah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, UPT PSTKP Bali berkesempatan untuk ikut memberikan pelatihan kepada masyarakat melalui program Technopark yang berada di Baron Yogyakarta. Pelatihan ini diadakan pada tanggal 18 sampai dengan 19 November 2015. Peserta yang mengikuti pelatihan berasal dari masyarakat sekitar kawasan Baron Technopark. Pelatihan yang diberikan berupa pembuatan souvenir dari pengolahan limbah batu alam. Melalui teknologi, limbah batu bisa diproduksi menjadi bata ringan maupun souvenir seperti patung. Melalui pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan nilai dari limbah batu dan mampu mendorong kreativitas masyarakat.

 

 

ukm

Sosialisasi Pembinaan Keramik

Pada bulan September, UPT-PSTKP Bali mengundang Dinas Perindustrian dan Bappeda di seluruh pulau Bali dan Beberapa Kabupaten di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan dan Nusa Tenggara Barat untuk hadir dalam acara sosialisasi pembinaan keramik. Acara tersebut diadakan di kantor UPT-PSTKP Bali pada tanggal 29 September 2015. Acara yang berlajalan lancar tersebut dihadiri juga oleh Sekretaris Utama BPPT Bapak Dr. Ir. Soni Solistia Wirawan, M. Eng. Dalam acara tersebut UPT-PSTKP mengajak undangan yang hadir untuk bekerja sama secara resmi untuk meningkatkan potensi kerajinan keramik di daerah masing-masing.

 

 

 

 

software

Diklat Software Desain Keramik

Untuk memudahkan pekerjaan dalam mendesain keramik, beberapa pegawai UPT-PSTKP Bali mendapatkan pelatihan menggambar desain keramik menggunakan bantuan software Autocad dan 3D max. Acara tersebut dilaksanakan di kantor UPT-PSTKP Bali pada tanggal 28 September 2015. Pelatih adalah 2 orang dosen dari Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar yaitu Bapak Mercu Mahadi, S. Sn dan Bapak Jayadi Waisnawa, S. Sn. Setelah mendapatkan pelatihan ini diharapkan selanjutnya proses penggambaran desain keramik dapat dikerjakan dengan software Autocad atau 3D max agar gambar yang dihasilkan lebih jelas, presisi dan dapat dilihat gambarnya dalam bentuk 3D sebelum gambar tersebut diproses di bagian produksi.

 

 

 

 

preneurship

Workshop Technopreneurship Keramik

Dalam rangka meningkatkan potensi dan produktivitas perajin yang bergerak dalam bidang keramik, UPT PSTKP bekerja sama dengan Balai Inkubator Teknologi (BIT) BPPT mengadakan Workshop Technopreneurship. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 22-23 September 20015 di kantor UPT-PSTKP Bali. Workshop ini bertujuan untuk mengetahui masalah-masalah yang dialami para perajin keramik dalam menjalankan bisnisnya. Dalam acara tersebut didapatkan beberapa perajin keramik yang akan diinkubasi lebih lanjut oleh BIT sehingga nantinya perajin dapat melebarkan bisnisnya dengan bantuan teknologi yang sesuai.

 

 

 

 

Pameran Pembangunan Provinsi Bali

Seperti tahun-tahun sebelumnya, UPT-PSTKP kembali menjadi salah satu peserta Pameran Pembangunan yang diadakan di Taman Budaya (Art Center). Pameran Pembangunan diadakan selama 10 hari, mulai tanggal 14 Agustus sampai 24 Agustus.

Pameran yang diselenggarakan setian tahun ini merupakan salah satu wahana strategis dalam mensosialisasikan informasi, program dan hasil-hasil pembangunan kepada masyarakat. Pada tahun 2015 ini penyelenggaraannya dikaitkan dengan peringatan hari jadi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali ke-57 dan hari ulang tahun ke-70 Kemerdekaan Indonesia, sehingga menjadi wahana yang tepat guna memantapkan semangat kebangsaan dan nasionalisme, meningkatkan rasa bangga pada daerah dan tanah air.

Pameran Pembangunan ini dibuka oleh Gubernur Bali, Made Mangku Pastika. Diharapkan kegiatan ini akan lebih informatif, edukatif dan rekreatif bagi masyarakat. Masyarakat yang menjadi subjek pembangunan, wajib diberikan informasi program dan capaian pembangunan daerah secara lengkap dan objektif, sekaligus dengan upaya memantapkan partisipasi dalam pembangunan. Demikian pula evaluasi program dan capaian pembangunan tersebut, juga dapat di bangun melalui kegiatan ini.

 

 

 

Workshop Perpustakaan Elektronik BPPT Oleh PDIS

Pada tanggal 15 Juni 2015, Pusat Data Informasi dan Standardisasi (PDIS) yang diwakili oleh Ibu Lisda Rahayu mengadakan workshop mengenai tata cara penggunaan perpustakaan elektronik yang dimiliki BPPT. Acara tersebut juga diikuti oleh seluruh pegawai fungsional di UPT-PSTKP.

 

Pembinaan kegiatan Rekomendasi Komposisi Prototype di Desa Rendeng Bojonegoro.

UPT-PSTKP melaksanakan kegiatan pembinaan pada tanggal 3 sampai 6 Juni 2015 di Desa Rendeng Bojonegoro. Pembinaan yang diberikan adalah teknik dekorasi pewarnaan gerabah meliputi teknik gosok, wash dan tempel pasir. Selain itu UPT-PSTKP juga memberikan pelatihan pembuatan cetakan dari bahan gypsum

 

 

Serah Terima Jabatan dengan Kepala UPT-PSTKP Baru

Pada tanggal 3 Juni 2015, Kedeputian Pengkajian Kebijakan Teknologi melantik kepala UPT-PSTKP baru yaitu Bapak Ir. Aris Darmansyah Edisaputra, M. Eng. Acara pelantikan dipimpin langsung oleh kepala Deputi Pengkajian Kebijakan Teknologi, Bapak Dr. Ir. Tatang Akhmad Taufik.

 

Rapat Kerja untuk Anggaran Tahun 2016-2019

Dalam rangka reformasi birokrasi yang dilaksanakan BPPT, maka pada tanggal 18 sampai 20 Mei 2015 UPT-PSTKP melaksanakan Rapat Kerja untuk Anggaran Tahun 2016-2019. Dalam acara tersebut turut dihadiri juga oleh Kepala Deputi Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material, Bapak Dr. Ir. Hammam Riza, M.Sc. dan Kepala Deputi Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi, Bapak Dr. Ir. Tatang Akhmad Taufik

 

Pelayanan jasa Diklat dan informasi

UPT-PSTKP (BPPT Bali) menerima kunjungan study tour baik dari sekolah maupun umum.

 

Statistik Pengunjung

4.png0.png2.png8.png4.png
Today45
Yesterday73
This week189
This month708
Total40284

Hubungi Kami

Jl. By Pass Ngurah Rai, Suwung Kauh, Tanah Kilap
Denpasar Selatan - Bali Indonesia

Tel: (0361)-723969

Fax: (0361)-723867

Web: btikk.bppt.go.id