Tel: (0361) 723969    Email: sekr-btikk@bppt.go.id

pembinaan

 

 

PEMBINAAN PENINGKATAN KUALITAS DISAIN KERAJINAN GERABAH

DESA BUMI JAYA, KECAMATAN CIRUAS, KABUPATEN SERANG, PROPINSI BANTEN

28 – 31 JULI 2011

Pada tanggal 28-31 Juli 2011 Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Seni dan Teknologi Keramik dan Porselin Bali melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kualitas Disain Kerajinan Gerabah Desa Bumi Jaya yang berlokasi di Desa Bumi Jaya, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Propinsi Banten. Pelatihan ini dilaksanakan sebagai perwujudan Program Pelaksanaan Pembinaan Industri Kecil Keramik tahun 2010 dan tindak lanjut atas penyampaian Proposal dari Banten Center.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan variasi disain gerabah Bumi Jaya yang biasanya membuat barang-barang besar seperti gentong dengan diameter 1-2 meter dan berfungsi sebagai keramik taman dengan memperkayanya dengan disain-disain yang diletakkan di dalam ruangan seperti : kap lampu, asbak, guci dan barang cinderamata.

Pelatihan ini diikuti oleh 32 perajin (yang terbagi dalam empat kelompok) gerabah Desa Bumi Jaya selama 4 hari. Pembukaan acara ini dilakukan oleh Sekretaris Desa Bumi Jaya yang mewakili Kepala Desa Bumi Jaya H Jauhari yang berhalangan hadir.

Selama mengikuti pelatihan perajin mendapatkan materi tentang pengembangan disain yang meliuti 14 disain yang telah disusun oleh tim Pembinaan UPT-PSTKP Bali. Disain-disain yang diberikan dilengkapi dengan teknik dekorasi : lubang, tempel dan toreh. Pada hari terakhir pelatihan peserta mendapatkan materi dekorasi lukis. Hal lain yang didapatkan oleh peserta adalah disain-disain yang memiliki corak khas Banten antara lain : disain barang cindera mata berupa badak cula satu, disain barang cinderamata badak kartun (badak memakai pakaian orang suku Baduy), disain-disain lubang, tempel dan toreh yang menerapkan ornamen-ornamen khas Banten seperti : Waringin Kurung, Mandalikan, Pamaranggen, Pejantren, Meriam Ki Amuk dan lain sebagainya.

Ornamen-ornamen tersebut diperoleh setelah 6 bulan sebelumnya Tim UPT-PSTKP Bali melakukan survey ke berbagai tempat di sekitar Propinsi Banten guna meneliti ornamen-ornamen Banten. Di antara tempat yang diteliti : Rumah Bangunan Kuno Serang, Masjid Kesultanan Banten, Museum Kesultanan Banten, Industri Kerajinan Batik Banten. Hasil survey tersebut diperoleh ornamen-ornamen yang kemudian dikembangkan kepada disain-disain baru gerabah Desa Bumi Jaya.

Semua materi pelatihan telah mampu dikerjakan oleh para peserta, hanya waktu yang sangat singkat (hanya 4 hari) barang-barang hasil Pelatihan belum dapat dibakar karena harus menunggu proses pengeringan. Barang-barang yang kami tinggalkan masih mentah dengan harapan tidak terjadi keretakan pada saat proses pembakaran nanti.

Penutupan acara Pelatihan ini dilakukan di Graha Pena , Radar Banten miliki BRTV dengan sebuah acara Dialog Khusus tentang Pelatihan Peningkatan Kualitas Disain Gerabah Desa Bumi Jaya yang direncanakan disiarkan secara tunda. Dalam dialog khusus tersebut tampil sebagai narasumber : Totok Nugroho, S.Si (Tim Pembinaan UPT-PSTKP Bali), Drs. M Safari (Direktur Banten Center), Zainal Mustaqim (Perwakilan dari PT. Krakatau Steel) juga menghadirkan Kepala Desa Bumi Jaya H. Jauhari dan seluruh peserta pelatihan serta instruktur dari UPT-PSTKP Bali yaitu : I Gusti Ketut Ariyasa, SE, I Wayan Rangi dan I Ketut Sutika. Acara berlangsung lancar, hangat dan menarik dan direncanakan oleh BRTV acara ini akan diputar ulang selama 3 kali.

 Para perajin merasakan kemanfaatan yang sangat besar terhadap Pelatihan ini dan berharap agar pelatihan ini berlanjut di kemudian hari. Mereka berharap agar pihak-pihak terkait membantu untuk mengenalkan produk-produk mereka yang baru dan sangat berharap pula untuk pengembangan perlatan yang mereka gunakan seperti : kick wheel dan table wheel yang sangat mereka harapkan. Pelatihan ini memberikan harapan baru kepada para perajin akan terbukanya peluang pasar bagi produk baru mereka. Sebab ada beberapa perajin yang sudah sempat berpikir untuk alih pekerjaan karena lesunya hasil penjualan mereka.

Untuk selanjutnya UPT-PSTKP Bali diharapkan melakukan pembinaan yang berkelanjutan. Pembinaan ini dapat berupa : peningkatan kemampuan teknologi proses dan peningkatan teknik dekorasi dengan memanfaatkan limbah seperti limbah pertanian dan peternakan. Kegiatan ini akan dilaksanakan dengan menjalin kerjasama dengan Dinas Peridustrian dan Perdagangan dan PT. Krakatau Steel.

Statistik Pengunjung

4.png0.png2.png9.png0.png
Today51
Yesterday73
This week195
This month714
Total40290

Hubungi Kami

Jl. By Pass Ngurah Rai, Suwung Kauh, Tanah Kilap
Denpasar Selatan - Bali Indonesia

Tel: (0361)-723969

Fax: (0361)-723867

Web: btikk.bppt.go.id